Cakrawala FM: Radio Mandarin Pertama di Indonesia




Saya tidak malu mengakui saya adalah pendengar setia Cakrawala 98,3 FM. Soalnya, mau dengar radio apa lagi, bila kita ingin memperlancar Mandarin, dan juga ingin mendengar lagu-lagu Mandarin setiap hari?

Tidak ada radio lain yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan saya itu. Apalagi sekarang, dalam peringatan hari raya Imlek, Cakrawala dengan rajinnya terus menyiarkan lagu-lagu mandarin Imlek. Sejak beberapa hari sebelum Imlek sampai hari ini, tiga hari setelah Imlek. Saya yakin dalam satu minggu ini masih akan terus ada lagu-lagu Guo Nian, yang memuaskan kerinduan saya akan masa kecil.

Pikir-pikir soal Cakrawala, sudah berapa tahun radio ini ada di udara Indonesia, rasanya sudah lama sekali. Sejak saya sama sekali tidak punya perhatian soal Mandarin, hingga saya menjadi seorang mandarin-enthusiast, yaitu saat ini. Dulu papa saya yang sering mendengar Cakrawala, tapi sekarang beliau pun sudah bosan dan geli sendiri dengan Cakrawala.

Saya sih baru mulai suka, karena belajar mandarin dan lagi suka lagu mandarin, karena itu belum terjangkit rasa enggan seperti yang dirasakan papa saya, dan juga saya yakin, pada banyak orang.

Pasalnya, banyak sekali kekurangan si Cakrawala ini. Yang bisa dibaca sebagai peluang sebenarnya. Sebagai radio satu-satunya yang khusus dalam bahasa Mandarin, Cakrawala mempunyai pasar yang luar biasa. Salah satunya ya yang seperti saya ini.

Seorang target audience yang tidak terpuaskan. Soalnya:
1. Kualitas siaran kurang. Kalau agak jauh dari daerah kantor Cakrawala, siarannya sudah jelek.
2. Kualitas penyiar.... hmmm... maaf ya, masih perlu banyak pelatihan. Dalam hal:
- bahasa Indonesia yang baik dan benar
- wawasan tentang informasi terbaru di Indonesia maupun di luar negeri.
3. DLL

Selain itu, pendengar yang nelpon ke Cakrawala kok semuanya orang-orang tua, apakah karena hanya orang-orang tua saja di Indonesia ini yang mengerti bahasa Mandarin? Masa iya sih??? Saya rasa hal itu harus diubah. Dan Cakrawala mungkin harus menjadi salah satu penggerak dalam hal pembelajaran dan sosialisasi bahasa Mandarin juga.

Sehingga, pendengar Cakrawala bukan hanya dari kalangan Tionghoa, tetapi juga dari kalangan non-Tionghoa yang tertarik pada budaya dan bahasa China. Setahu saya sekarang banyak.

Sebenarnya, pangsa pasar Tionghoa ini sudah mulai dilirik oleh Pas FM yang setiap hari minggu menyiarkan siaran dan lagu-lagu bahasa Mandarin. Itu adalah langkah yang sangat bagus, dan dari kualitas yang kurang dari Cakrawala (2 point di atas) berhasil diatasi oleh Pas FM. Namun sayangnya, siaran Mandarin di Pas FM hanya pada hari Minggu. Dan database lagunya masih kalah jauh dibanding Cakrawala. Mungkin karena Cakrawala sudah bercokol lebih lama.

Iseng-iseng, saya search di Google untuk Cakrawala, nemunya komentar konsumen di Pintunet
dan beberapa situs direktori yang membuat list radio. Seperti dugaan saya, dia belum punya website sendiri.

Kalau dilihat dari iklan-iklan yang ada di Cakrawala saat ini, well, sekali lagi, peluang yang ada padanya masih sangat banyak. Perusahaan yang beriklan di Cakrawala saat ini, mostly masih perusahaan yang tidak besar, seperti restoran, toko bangunan, toko furniture, dll. Tetapi sudah mulai ada sih perusahaan besar seperti BCA (BCA Remittance yang mengusung hari ini kirim, hari ini tiba di China), Ace Hardware, dll.

Dan saya lihat juga Cakrawala mempunyai banyak acara talk show yang bekerja sama dengan perusahaan property besar terutama yang baru-baru saat ini. Dengan management dan konsep pemasaran yang bagus, saya yakin Cakrawala akan jauh-jauh lebih maju lagi.

Comments

  1. Cakrawala FM Pasti Bisa Lebih Baik Dari Sekarang

    *Kupersembahkan sebuah lagu buta Cakrawala FM ==> Ming Tian Hui Gen Hao

    Saya setuju dengan pendapat yang mengemukakan beberapa kekurangan Cakrawala. Terus terang, meski saya adalah "penggila" bahasa Mandarin dan segala hal yang berhubungan dengan kebudayaan Tionghoa, tapi baru belakangan ini saya antusias dengan Cakrawala FM. Namun, sangat disayangkan, siaran yang diterima hampir selalu berisik.

    Hari ini, Jum'at 4 Januari 2008, saya mencoba searching "Cakrwala FM" di Google sekedar untuk mendapatkan website-nya, siapa tahu bisa streaming...sehingga saya bisa mendengarkan live melalui Winamp saya. Namun sekali lagi, sangat disayangkan, ternyata Cakrawala belum memiliki website sendiri. Rasa kecewa mendadak melanda hatiku...cieee...

    Saya berdoa supaya para pemerhati di Cakrawala meluangkan waktu untuk membaca komentar-komentar pemggemarnya di internet. Atau boleh juga membuat blog sendiri yang khusus memuat komentar-komentar dan/atau ide-ide penggemarnya. Sekedar saran dari saya, lho... Syukur-syukur kalau dibaca, apalagi didengerin heheheh...

    JIA YOU CAKRAWALA!!!

    ReplyDelete
  2. Dear Suan Ny, terima kasih atas komentarnya. Dan mudah-mudahan pengelola Cakrawala membaca suara hati dari pendengar setianya. Saya setuju banget dengan komentarmu dan menurut saya memang sayang sekali Cakrawala FM, kalau dikelola dengan lebih profesional akan jauh lebih maju dan dahsyat dari sekarang. Sebuah situs web atau blog seperti saranmu itu sangat baik.

    Salam kenal,

    Mei

    ReplyDelete
  3. Hey... saya juga senang mendengarkan radio cakrawala.
    Sudah dari taon lalu frekuensi radio ini sering menemani waktu saya masih mengantar2 saudara saya. Sekarang c udah gak lagi. Tapi, masih tetap rindu mendengar suara pembawa acaranya, freddy su... 98.3 FM

    ReplyDelete
  4. Anonymous11:36 AM

    saya juga setuju dengan pendapat kalian, saya baru mulai dengar radio cakrawala selama 2hari, tapi kukurangan2 yang kalian katakan emang masi begitu.. pada 3oktober, saya search googles,tetapi masi ga da website cakrawala..dan sory pada penyiarnya, emang nada mandarin mereka menurut saya aneh..

    ReplyDelete
  5. Anonymous7:39 AM

    ya ya ya dl saya tinggal di jakarta, n suka bgt denger cakrawala, tapi skrang dibandung, kangen mau denger cakrwala lg, tp udah search google, ternyata gak bisa di streaming ...
    nasib... nasib...

    ReplyDelete
  6. Anonymous5:00 PM

    maaf ni aq ga masuk dalam pembicaraan ...aq cuma mau minta tolong aja...kirimin judul lagu yg jadi sountrack film boboho ma nicky wu yg nicky wu jadi tentara...aq lupa judul filmnya..^^..kirimin ke email aq yach...levhugirls@yahoo.com..klo bisa smua lagu yg jadi sountrack film itu...makasi banyak yach klo dah kirim...tolong yach....

    ReplyDelete
  7. Anonymous5:15 PM

    maaf ni aq ga ikut dalam obrolan..aq cuma mo minta tolong...tolong kirimin judul lagu yang jadi soundtrack film boboho ma nicky wu yang nicky wu nya jadi tentara...
    aq lupa judul filmnya...^^...tpi aq perna denger di radio cakrawala..makana aq mau mnta tolong....klo bisa smua lagu yg jd sountrack film itu yach..kirim ke Emailku ja yach...levhugirls@yahoo.com...makasi banyak sebelumnya bagi yg dah kirim..^^..

    ReplyDelete
  8. Anonymous9:11 AM

    FYI...sekarang Cakrawala FM bisa di-akses di Blackeberry dengan aplikasi NuxRadio. Jadi untuk para "perantau" dari Jakarta yang ada di pelosok Dunia bisa tetap dengerin siaran Cakrawala.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts